Sun Yang dituduh menghancurkan botol darah dengan palu

Bintang renang China Sun Yang, dituduh menghancurkan botol darah dengan palu, menghadapi larangan delapan tahun jika dakwaan terhadapnya ditegakkan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga, Jumat (14/11).

Sun Yang dituduh menghancurkan botol darah dengan palu

Judi Bola – Juara Tiga Olimpiade, Sun, pemenang 11 gelar dunia dan pahlawan nasional di negara asalnya, akan tampil secara langsung dalam sidang untuk membersihkan namanya dari tuduhan bahwa ia melewatkan tes doping di luar kompetisi pada September tahun lalu.

FINA, federasi renang internasional, mengkonfirmasi pada bulan Januari bahwa perenang telah menggunakan palu untuk menghancurkan botol berisi sampel darahnya sendiri.

Tetapi federasi memihak perenang dan membebaskannya dari kesalahan, menemukan bahwa penguji gagal menghasilkan identifikasi yang memadai atau mengikuti protokol yang benar selama prosedur.

Putusan itu membuat marah Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang membawa masalah itu ke CAS menuntut larangan antara dua dan delapan tahun untuk Sun, yang menjalani skorsing doping pada 2014, karena gagal dalam tes di luar kompetisi.

Sun “akan hadir” pada sidang CAS hari Jumat dan “diharapkan untuk bersaksi,” sekretaris CAS Matthieu Reeb mengatakan kepada AFP.

Setelah dibereskan oleh FINA, Sun dapat bersaing di Kejuaraan Dunia di Gwangju, Korea Selatan, pada bulan Juli, di mana ia memenangkan dua medali emas tetapi menjadi fokus protes dari para pesaing.

Australian Mack Horton menolak untuk berbagi podium dengan Sun setelah berada di urutan kedua dalam gaya bebas 400m. Horton menerima tepuk tangan meriah dari sesama perenang di ruang makan atlet untuk protesnya.

Proses pengadilan telah dipindahkan dari markas CAS di Lausanne ke Montreux untuk mengatasi masuknya media yang diharapkan dan hanya untuk kedua kalinya dalam sejarah pengadilan akan dilakukan di depan umum.

Prosiding akan disiarkan langsung di situs web CAS.

Sidang pertama di depan umum, pada tahun 1999, juga melibatkan FINA, yang mendapati perenang Irlandia Michelle Smith De Bruin bersalah karena doping. Smith meminta sidang terbuka. CAS memutuskan untuk FINA, yang menemukan bahwa Smith telah mencoba untuk mengencerkan sampel urinnya dengan alkohol.

Permintaan untuk audiensi publik kali ini datang dari Sun, yang telah berjuang untuk membersihkan namanya sejak skandal itu meledak.

“Opini publik, kurang informasi, telah memutarbalikkan fakta,” kata Sun baru-baru ini di media sosial.

CAS mengatakan putusan tidak akan dikeluarkan Kamis tetapi di kemudian hari setelah pertimbangan pengadilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *